Infrastruktur Erat Kaitannya dengan Kesejahteraan Rakyat

Ini Alasan Legislator Sintang Minta Kapuas Raya Diwujudkan
31/10/2019
Jangan Retorika ‘doank’ Kalau Pendidikan itu Penting
01/11/2019

Anastasia

SINTANG – Pembangunan infrastruktur, terutama jalan dan jembatan, sangat penting untuk direalisasikan. Bukan hanya untuk kemajuan daerah, tetapi juga erat kaitannya dalam menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau kita bicara infrastruktur di Sintang, ini kan bicara tentang bagaimana persoalan-persoalan yang menyangkut dengan kesejahteraan rakyat,” ungkap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia, belumlama ini.

Menurut Anastasia, infrastruktur jalan di Sintang terbagi atas tiga kategori, yakni Jalan Strategis Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Berdasarkan data dari Pekerjaan Umum (PU), infrasturktur Jalan Nasional di Kalbar yang sudah dalam kondisi mantap, telah mencapai 96 persen, sedangkan Jalan Provinsi 90 persen. Sisanya sekitar 10 persen.

“Namun yang 10 persen ini, bukan berarti tidak bisa dilalui kendaraan. Kondisinya baru pada tahap pengerjaan-pengerjaan tanah kering,” kata Anastasia.

Patut dipahami, kata Anastasia, infrastruktur di Kalbar khususnya Kabupaten Sintang tetap harus dilakukan perubahan secara signifikan, agar masyarakat bisa menikmati infrastruktur yang memadai. Muaranya, diharapkan pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan dan kemudahan akses.

Terpenting itu, tambah Anastasia, bagaimana meningkatkan infrastruktur terlebih dahulu, karena ini sangat penting.

“Sebenarnya konsep Presiden dengan konsep kita di provinsi dan kabupaten/kota itu sama,” katanya.

Hanya saja, ungkap Anastasia, implementasinya yang belum maksimal. Tentunya ini menjadi tugas bersama antara legislatif dan eksekutif. Bahkan, pihaknya menyarankan agar pembangunan dilakukan dengan melihat skala prioritas.

“Artinya, mulai dari perencanaan sudah ada skala prioritas, sehingga pembangunan yang dilakukan terarah dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat kita,” pungkasnya.

Comments are closed.