IKBKH Wadah Warga Kapuas Hulu di Sintang, Ini Harapan Bupati Sintang

Resmikan Pondok Pesantren Baitul Qur’an Desa Merti Guna, Ini Pesan Bupati Sintang
29/01/2021
Bantu Korban Kebakaran Pasar Inpres, Bupati Sintang Akan Berikan Kemudahan Urus IMB
31/01/2021

IKBKH Wadah Warga Kapuas Hulu di Sintang, Ini Harapan Bupati Sintang

IKBKH Wadah Warga Kapuas Hulu di Sintang, Ini Harapan Bupati Sintang

Sintang-www.beritasintang.com-Bupati Sintang, Jarot Winarno, bersama Bupati Kapuas Hulu, A. M. Nasir, menghadiri Hari Ulang Tahun ke-XIII Ikatan Keluarga Besar Kapuas Hulu (IKBKH) Kabupaten Sintang, di Cafe Buloh, Komplek Indoor Apang Semangai Sintang, Sabtu (30/1/20201) malam.

IKBKH merupakan wadah atau sebuah organisasi warga yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu yang tinggal di Sintang.

Turut hadir Anggota DPD RI Erlinawati Nasir yang juga istri dari Bupati Kapuas Hulu, Dandim 1205/Sintang, unsur Forkopimda Kapuas Hulu, Kepala Bank Kalbar Cabang Sintang & Kapuas Hulu, pengurus IKBKH & tamu undangan lainnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-XIII kepada IKBKH baik atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kab. Sintang. Jarot pun berharap keberadaan IKBKH ini tetap terus bersinergi dan berperan, baik dengan pemerintah daerah, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya dalam pembangunan di Kabupaten Sintang dalam berbagai bidang.

Jarot menilai keberadaan IKBKH merupakan jembatan silaturrahim antara Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Karena merupakan tempat guyub atau berkumpulnya warga kapuas hulu yang ada di Sintang.

“Kemudian bersilaturrahim dengan masyarakat sintang yang lain, tidak melupakan bahwa teman-teman berasal dari kapuas hulu, dan kemudian sama-sama bertekad memajukan sintang maupun kapuas hulu”kata Jarot.

Menurut Jarot, Kabupaten Sintang & Kapuas Hulu kurang lebih sama, karena keduanya sama-sama berada di ujung sungai terpajang di Indonesia yakni Sungai Kapuas yang panjangnya mencapai 1.143 km. Selain itu juga, keduanya terletak di heart of borneo atau jantungnya pulau Kalimantan.

“Sehingga kita banyak memiliki kemiripan, dari aspek budaya, seperti budaya tepian sungai, kemiripan cara pandang yang sama terhadap kemajuan baik sintang maupun kapuas hulu, terlebih kita dianugerahi Tuhan alamnya yang luarbiasa jantungnya borneo. Sehingga kita yakini, kalau kita merawat semesta maka semesta akan merawat kita”beber Jarot.

Selain itu, yang paling penting juga kata Jarot ialah, harus sama-sama merasa bahwa baik Sintang atau Kapuas Hulu merupakan rumah besar bagi seluruh komponen anak bangsa sehingga masing-masing individu maupun kelompok wajib merawat kebersamaan itu. “Sebab keberagaman, perbedaan itu adalah anugerah. Kalau kita bersatu maka kita akan mampu untuk melesat maju kedepan”ucap Jarot.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu, A. M. Nasir juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-XIII kepada IKBKH. Ia pun berharap keberadaan IKBKH bisa menjadi dan membawa manfaat baik bagi sesama warga kapuas hulu yang ada di Sintang, maupun dengan pemerintah daerah Sintang dan dengan masyarakat yang lainnya.

“Saya berharap juga, keberadaan IKBKH ini bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten sintang maupun kapuas hulu. Seperti kata pepatah dimana kaki di pijak disitu langit di junjung”kata Nasir.

Nasir mengingatkan, IKBKH ini di bentuk sebagai wadah warga-warga Kapuas Hulu yang ada di Sintang. Untuk itulah ia meminta data-data warga IKBKH itu harus tercatat secara lengkap. Sehingga kedepan jika ada warga kapuas hulu yang di Sintang memerlukan bantuan atau apapun, IKBKH bisa mewadahinya.

“Kegiatan-kegiatan sosial harus aktif, siapa tau ada warga kapuas hulu yang ada di Sintang ni terdampar kalau bisa jangan sampai terlantar, sehingga pengurus IKBKH yang mengurus dan menampung.

Kemudian menurut Nasir, kerjasama dan koordinasi Pemerintah Daerah Kapuas Hulu dan Sintang sejak dulu sangat baik. Sebagai contoh salah satunya yakni terkait penanganan covid-19. Dimana Pemda Kapuas Hulu sempat mengirim sampel swab ke Kabupaten Sintang. “Alhamdulillah sekarang kita sudah beli mobile combat PCR sendiri, jadi nda terlalu sulit lagi”ucap Nasir.

Diakhir acara, Bupati Sintang & Bupati Kapuas Hulu mendapat hadiah cinderamata dari panitia.

Comments are closed.