Sumpah Pemuda, Ini Pesan Penting Wakil Ketua DPRD Sintang untuk Generasi Muda

Dewan Ini Imbau Orangtua Aktif Bawa Anak ke Posyandu, Ini Alasannya…
27/10/2019
Semangat Persatuan Harus Semakin Kokoh
28/10/2019

Jeffray Edward

SINTANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward meminta agar momentum Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi dasar bagi para pemuda untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Momentum Sumpah Pemuda tersebut juga diharapkan menjadi renungan bagi pemuda dalam perwujudan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Legislator Partai PDIP ini mengatakan bahwa pemuda mempunyai peran yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Sejarah mencatat bagaimana peran pemuda-pemudi Indonesia dalam berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia. Pemuda juga terbukti berkontribusi penting dalam perwujudan persatuan dan kesatuan melalui Sumpah Pemuda.

“Saya sangat senang hari ini melihat semangat pemuda yang turut hadir dalam upacara hari sumpah pemuda. Semangat ini menjadi modal utama kita membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Jeffray, Senin  (28/10/2019).

Menurut Jeffray, pemuda saat ini tidak hanya menjadi pelopor didalam bangsanya sendiri tetapi harus menjadi pelopor Indonesia yang mampu berdiri tegak.

Olehkarenanya, Jeffray meminta pemuda jangan kalah semangat dengan orang tua, karena pemuda memiliki semangat yang luar biasa.

“Mari bersama kita membangun bangsa ini, membangun Provinsi Kalbar dan khususnya Kabupaten Sintang,” ajaknya.

Selain itu, kata Jeffray, generasi muda sebagai generai penerus bangsa tidak boleh meninggalkan nilai-nila agama, budaya, moral. Karena hal tersebut merupakan kepribadian bangsa.

Dikatakan dia, generasi yang saat ini mengisi kemerdekaan harus melihat sejarah bagaimana generasi muda masa lalu. Meski berasal dari berbagai macam suku, agama, dan adat, tapi tetap bisa bersatu padu membentuk suatu kekuatan menuju tercapainya kemerdekaan.

“Dan syukur alhamdulillah ini bisa terwujud,” ujarnya.

Karena itu, menurut Jeffray, ini menjadikan suatu renungan dan introspeksi bagi generasi sekarang, dan dirinya menilai, generasi sekarang sedikit rapuh.

“Ini saya kira menjadi tugas kita semua, mari kita kembali melihat kebelakang bahwa apa yang telah pemuda dulu lakukan dapat menjadi contoh dan tauladan bagi kita, agar tetap bisa menjaga NKRI,” tegas dia.

Yang tidak kalah pentingnya kata dia, generasi muda ke depan tidak boleh meninggalkan nilai-nilai budaya, nilai kepribadian bangsa, etika, moral dan nilai-nila agama kita.

“Tanpa itu, tidak akan mungkin semboyan yang kita wujudkan ini bisa terwujud. Untuk mencapai persatuan, nilai-nilai itulah saya kira perlu kita tanamkan masing-masing generasi muda kita dimasa-masa yang akan datang,” jelas Politikus Golkar ini.

Informasi dan pengetahuan teknologi saat ini lanjut dia, tidaklah sulit untuk ditransformasikan kepada generasi muda. “Namun terpenting, nilai etika, kepribadian bangsa kita adalah hal yang paling utama untuk sama-sama menjadi pedoman kita. Insya allah, apa yang menjadi cita-cita kita untuk mengisi kemerdekaan ini akan bisa terwujud dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.

Comments are closed.