Bupati Sintang Kunjungi Kebun Kopi Robusta di Desa Sungai Segak

Bupati Sintang Hadiri Peringatan Dies Natalis KPK Regional Kalimantan Barat Cabang Sintang
23/05/2022
Asisten II Sintang Hadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Kapitan Pattimura Tahun 2022
23/05/2022

Bupati Sintang Kunjungi Kebun Kopi Robusta di Desa Sungai Segak

Bupati Sintang Kunjungi Kebun Kopi Robusta di Desa Sungai Segak

Sintang-www.beritasintang.com-Usai kegiatan di Desa Nanga Pari, Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melanjutkan kunjungan kerjannya di wilayah Sepauk Hulu, yakni ke Desa Sungai Segak. Setibanya di desa tersebut, Bupati kemudian menghadiri pertemuan dengan Kepala Desa dan Staf Desa Sungai Segak, di Balai Pesampang, Desa Sungai Segak, Kec. Sepauk, Jum’at, 20 Mei 2022.

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH meninjau kebun kopi robusta milik warga, di Desa Sungai Segak, Kec. Sepauk, Jumat, 20 Mei 2022, usai pertemuan dengan Kepala Desa dan Staf Desa Sungai Segak, di Balai Pesampang.

Untuk menuju kebun kopi robusta tersebut, Bupati dan rombongan harus menggunakan kendaraan roda dua dengan jarak tempuh sekitar 10 menit dari pusat desa. Dimana jalan yang di lewati juga cukup sulit karena terjal dan berbukit, terlebih jika di musim penghujan, bahkan juga harus menyebrangi dan menerobos aliran sungai sepauk yang kondisi airnya cukup tinggi dan deras ketika hujan. Setibanya di kebun kopi, Bupati di sambut pemilik kebun dan langsung meninjau perkebunan kopi dan berbincang-bincang dengan pemilik kebun. Menurut pemilik, kebun kopi tersebut sudah ada sejak jaman Belanda dahulu, hingga sekarang keberadannya terus di jaga dan dilestarikan secara turun temurun sebagai salah satu sumber mata pencaharian selain menoreh dan berladang. Komoditi kopi robusta di Desa Sungai Segak saat ini menjadi produk unggulan desa yang mendapat pendampingan dari WWF Indonesia.

Bupati pun berpesan agar terus dijaga kelesatarian hutan di wilayah sepauk hulu, karena merupakan rimba terakhir di wilayah tersebut, manfaatkan untuk menanam atau berbudidaya tanaman yang sangat potensial dan produktif, seperti kopi yang sudah ada, kakau, pinang dan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati mendegarkan penjelasan dari Kepala Desa Sungai Segak terkait perkebunan Kopi jenis Robusta yang sudah ada sejak jaman Belanda dulu. Kebun Kopi di Desa Sungai Segak sangat potensial saat ini yang menjadi salah satu komoditi yang di kembangkan masyarakat setempat dan menjadi produk unggulan desa, dengan di dampingi oleh WWF Indonesia. Dengan adanya kunjungan Bupati tersebut masyarakat berharap memberi dampak terhadap potensial komoditi kopi hingga menjadi produk unggulan yang bisa di kenal oleh masyarakat luas bahkan diharapkan menjadi produk unggulan terutama komoditi kopi di Kabupaten Sintang. Bupati juga menerima penyerahan cinderamata berupa bibit kopi dan kopi hasil panen masyarakat setempat yang di serahkan oleh Kades Sungai Segak, Aleksander. Bupati dan rombongan juga menikmati seduhan kopi robusta Desa Sungai Segak.

Turut mandampingi Bupati yakni, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan & Keuangan, Selimin, SE. M. Si, Kadis PU Murjani, ST.MT, Anggota DPRD Kab. Sintang, Kusnadi, Disperindagkop & UKM, Dinas Pertanian & Perkebunan.

 

Comments are closed.