Munas di Jakarta, Marthin Billa Terpilih Sebagai Presiden MADN 2021-2026

Puluhan ASN Sintang Ikuti Ujian Dinas Kenaikan Pangkat di Pontianak
22/06/2021
Bupati Sintang Ajak Supernova Ecosystem Jaga Sintang Dari Sisi Lingkungan
22/06/2021

Munas di Jakarta, Marthin Billa Terpilih Sebagai Presiden MADN 2021-2026

Munas di Jakarta, Marthin Billa Terpilih Sebagai Presiden MADN 2021-2026

Sintang-www.beritasintang.com-Musyawarah Nasional V Majelis Adat Dayak Nasional yang telah dilaksanakan pada tanggal 18-20 Juni 2021 adalah sebagai ajang silaturahim bagi para Tokoh Dayak yang memiliki berbagai latar belakang untuk menyatukan hati, aspirasi, dan pandangan, tentang keberadaan, hak dasar, cita-cita, dan harapan masyarakat Dayak Indonesia tentang hidup berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdasarkan refleksi yang dinamis dan mendalam selama pelaksanaan Munas V MADN, kami sadari bahwa semakin banyak masyarakat Dayak yang peduli dan ingin membesarkan MADN sebagai wadah tingkat nasional bagi masyarakat Adat dayak. Hal tersebut dapat dilihat begitu dinamisnya pelaksanaan Munas V MADN bahkan dengan ekspresi beberapa peserta yang menungkapkan rasa ketidakpuasannya. Ini tentu sebuah dinamika dan semangat demokrasi yang muncul karena kecintaan dan keinginan untuk membesarkan MADN yang dinilai sebagai sebuah organisasi strategis dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat Adat Dayak Indonesia, lebih lebih menyongsong percepatan pembangunan IKN baru di Kalimantana Timur.

Munas V MADN telah dilaksanakan sesuai aturan dan telah sesuai dengan mekanisme dalam AD/ART MADN serta telah sesuai dengan Tata Tertib munas V MADN yang ditetapkan oleh seluruh peserta Munas V MADN. Mekanisme dijalankan sesuai AD/ART Mulai dari Sidang Pleno Pertama yang dipimpin oleh 5(lima) orang Pimpinan Sidang sementara yang mengagendakan: pengesahan Quorum Munas V MADN, Pembahasan dan pengesahan Jadwal Acara dan tata Tertib Munas V, dan Pemilihan Pimpinan Siding Pleno Munas V MADN Sidang Pleno II: Membahasa, memberikan Pandangan Umum dan tanggapan LPJ Presiden dan Pengurus MADN masa bakti 2016- 2021 dan telah diterima tanpa ada catatan oleh semua utusan DAD Provinsi se-Indonesia termasuk DAD Provinsi Kaltim juga menerima. Rapat-rapat Komisi dan pengesahan rapat-rapat Komisi dijalankan sesuai mekanisme. Begitu juga dalam rapat Pleno berikutnya dalam Pemilihan Presiden MADN yang dimulai dari penyampaian Bakal calon hingga menjadi calon presiden, yang kemudian di bawa dalam rapat tim Nominasi sesuai AD ART adalah 9 orang yakni Presiden MADN Ketua Majelis pertimbangan, Sekjen MADN dan 5 orang Ketua Umum DAD Provinsi se-kalimantan serta 1 orang Ketua Umum DAD di luar Kalimantan yang di wakili oleh Ketua Umum DAD Provinsi DKI Jakarta secara aklamasi memilih Bpk. Dr. Drs. Marthin Billa, MM menjadi Presiden MADN masa bakti 2021-2026. Dilanjutkan pemilihan Tim Formatur Munas V MADN untuk menyusun Komposisi dan personalia pengurus lengkap MADN masa bakti 2021-2026.

Dalam Penutupan Munas V MADN dilakukan acara adat pengukuhan oleh seorang Pembaca doa dan Sumpah Janji Presiden yang dibacakan sendiri oleh Presiden MADN. Dilanjutkan penyerahan pemasangan topi kehormatan, Mandau dan bender Pataka sebagai penyerahan secara simbolis estapet kepemimpinan oleh Presiden MADN masa bakti 2016-2021 yang diwakili oleh Sekjen demisioner kepada Presiden terpilih masa bakti 2021-2026. Dilanjutkan Pidato Presiden terpilih sekaligus menutup acara Munas V MADN tahun 2021. Dengan demikian maka Munas V MADN telah dijalankan sesuai aturan dan mekanisme yang diatur dalam AD/ART dan Tata Tertib Munas V MADN yang berlansung tanggal 18-20 Juni 2021 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta. Sang Joker itu bernama: Marthin Billa. Bukan manusia biasa yang memilihnya. Tapi seluruh makhluk berkehendak baik (bonae voluntatis) di jagad ini diwakili peserta yang memiliki Hak Suara pada  Munas V MADN di Jakarta, 18-20 Juni 2021.

Marthin Billa telah diterawang sebagai “Joker”. Yang bisa dimainkan untuk menyambung segala kartu.

Ia jangkar. Yang menjembatani dua kutub berbeda. Terutama jika calon Presiden MADN dari Kalimantan Timur, yang sejatinya mendapat giliran Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) ke-3, terjadi seperti air dan minyak.

Bagi saya, dimamika dalam Munas di Jakarta itulah “ribut tukang”. Untuk rapi. Bukan “ribut preman”, untuk saling bunuh. Demokrasi ala Dayak adalah “ribut tukang!”

Hal itu telah tertulis dalam narasi berjudul “Presiden Majelis Adat Dayak Nasional ke-3 |Siapa Gerangan?” yang dirilis Web ini pada Rabu, 16 Juni 2021, 00:35 WIB.

Dr. Marthin Billa banyak pendukung juga. Terutama dari asalnya (Bulungan, sebelum dimekarkan). Sebagai pemuka puak Kenyah di Apau Kayan, ia tak lekang dari Kalimantan Timur. Dengan sedikit catatan: beliau ini wakil Kalimantan Utara, saat ini. Anggota DPD dari provinsi termuda. Sebelumnya, bupati Malinau. Jakarta condong melabuhkan dukungan ke penulis buku Kekayaan & Kearifan Budaya Dayak ini.

Billa adalah irisan Kaltara dan Kaltim. Ia lahir dari sejarah Kaltim, tembunik maupun darah tumpahnya dari sini, ketika Kaltara belum dimekarkan.

Billa bisa jadi jangkar, atau Joker dalam main remi. Ia bisa di mana-mana, tapi tidak ke mana-mana. Dayaknya kental.

Nah, jika dead-lock, antara calon Kaltim –yang mendapat giliran Presiden MADN– Billa menjadi alternatif. Dia jangkar. Kartu Joker tadi. Kemungkinan ini harus diantisipasi!

Dalam video Promulgasi keterpilihan Marthin Billa sebagai Presiden MADN yang ke-3, yang saya dapatkan dari salah seorang pengurus inti DAD DKI Jakarta, keterpilihan Billa telah pun definitif. Memang tak bisa memuaskan semua pihak. Dalam hal ini, wakil Kaltim yang merasa paling terluka. Namun, setidaknya, inilah hasil “demokrasi” ala Dayak. Yang, tidak usah saya sebut di sini. Pembaca telah pun mendapat videonya, yang viral.

Bagi saya, itulah “ribut tukang”. Untuk rapi. Bukan “ribut preman”, untuk saling bunuh. Demokrasi ala Dayak adalah “ribut tukang!” Usai ribut, rapi, dan…. jadi. Demikian ribut kecil di aula hotel Peninsula, bilangan Slipi, Jakarta itu, dapat digambarkan.

Tapi, tentu, lepas dari dinamika dan proses Munas dan terpilihnya Billa, orang Dayak patut menjunjung tinggi pemimpin. Siapa lagi yang menghormati pemimpin, jika bukan kita? Dan manakala kita menyatakan pemimpin sebelumnya adalah baik, maka kita punya pemimpin-pemimpin yang baik. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Demikian sebaliknya.

Kini, setelah terpilih, fokuskan pusat perhatian pada esensi dan tujuan MADN. Saya menerima Catatan penting. Semacam saripati Munas V sebagai berikut.

Beberapa catatan hasil MUNAS MADN V 2021:

  1. Memilih DR. Drs. Marthin Billa MM sebagai Presiden MADN 2021-2016.
  2. Melakukan perubahan AD ART, Merubah Struktur Organisasi dan Memberikan Pokok-pokok Pikiran MUNAS 2021.
  3. Menetapkan Hari Peladang tgl 9 Maret 2021.
  4. Rakernas MADN 2021 akan dilaksanakan di Palangkaraya Juli 2021.
  5. Menenetapkan 11 orang tim formatur untuk melengkapi struktur, komposisi dan personalia MADN 2021-2026 selambatnya 1 bulan.

 

Selamat bekerja, Marthin Billa!

Comments are closed.