Jam 00.00 WIB, Kapolres Sintang Pimpin Renungan Suci Hormati Pahlawan di Sintang

Sebanyak 32 Kendaraan Hias Ikuti Pawai Pembangunan 2019
19/08/2019
Bupati Sintang Irup Upacara Peringatan HUT RI di Stadion Baning
19/08/2019

Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.I.K, M.H menjadi inspektur upacara dan renungan suci Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi pada Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat.

          “kami yang hadir pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2019 pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat. Pada apel kehormatan dan renungan suci untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 63 orang, pegawai negeri sipil 2 orang pejuang rakyat 9 orang, pahlawan tak dikenal tidak ada. Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keiklasan dan kesucian dan pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebaikan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami semua. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya” ucap Kapolres Sintang saat membacakan teks apel kehormatan.

Di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi Sintang terdapat 73 makam pahlawan yang terdiri dari Angkatan Bersenjata 62 orang,  Pegawai Negeri Sipil  2 orang dan Pejuang Rakyat 9 orang. Upacara ditandai dengan mengheningkan cipta, penghormatan kepada para pahlawan dan penyalaan obor oleh Kapolres Sintang yang dilanjutkan penyalaan lilin disetiap makam oleh para anggota TNI dan anggota pramuka penegak SMKN 1 Sintang.

Hadir dalam upacara untuk menghormati para pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi tersebut Ketua DPRD Sintang Jeffray Edwrad dan anggota Forkopimda, pasukan 642 Kapuas, anggota dan pejabat dari Korem 121 Alambana Wanawai, anggota dan pejabat Kodim 1205 Sintang, anggota dan pejabat Polres Sintang, pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, anggota pramuka penegak SMKN 1 Sintang, anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Dan Putra Putri TNI-POLRI, dan Anggota Persit.

          Berdasarkan monumen yang ada di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi Sintang dari 73 pahlawan yang ada berasal kesatuan 642 Kapuas, Mobrig (sekarang Brimob), hansip, warga sipil (motoris), dan pejuang kemerdekaan. Surip  staf Dinas Sosial Kabupaten Sintang yang bertugas menjaga dan merawat Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi menyampaikan keinginannya untuk mengganti lampu yang ada di tugu utama di bagian dalam Taman Makam Pahlawan. “lampu yang ada sekarang itu merupakan lampu jalan raya yang memiliki kelemahan yakni kalau sudah dimatikan, kemudian kita mau hidupkan, lampunya tidak mau langsung hidup. Tunggu 30 menit baru mau nyala. Sementara saat upacara dan renungan suci seharusnya dimatikan semua lampu di sini sesuai tatacara upacara renungan suci. Setelah usai upacara, baru lampu dihidupkan lagi. Karena lampunya seperti itu, kita tidak matikan” terang Surip.

 

 

Keterangan Foto : Jam 00.00 WIB, Kapolres Sintang Pimpin Renungan Suci Hormati Pahlawan di Sintang

Doc. Tinus Victoria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *