Wabup Sintang Jadi Narasumber Seminar Yang Digelar Oleh ISKA Sintang di Balai Kenyalang

Buka Seminar ISKA Sintang, Ini Pesan Wakil Bupati Sintang
18/09/2019
ISKA Sintang Awali Seminar Dan Rakercab Dengan Misa, Dipimpin Romo Sabinus Amir
18/09/2019

Wabup Sintang Jadi Narasumber Seminar Yang Digelar Oleh ISKA Sintang di Balai Kenyalang

Wabup Sintang Jadi Narasumber Seminar Yang Digelar Oleh ISKA Sintang di Balai Kenyalang

Sintang-www.beritasintang.com-Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Kabupaten Sintang melaksanakan seminar dengan tema merawat NKRI Dalam Keberagaman yang dilaksanakan di Balai Kenyalang pada Selasa, 17 September 2019. ISKA Sintang menghadirkan empat narasumber dan diikuti oleh sekitar 100 orang yang berasal dari pengurus dan anggota ISKA Sintang, utusan organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, dan organisasi kepemudaan.

Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menyampaikan bahwa apa yang kita lakukan hari ini sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia dan Kabupaten Sintang. “sejak berdiri, Bangsa Indonesia sudah sepakat untuk bersatu didalam keberagaman. Kita terus mendorong integrasi nasional yang didasari oleh kebutuhan akan kemajuan dan pembangunan. Adanya ideologi dan tekad kita untuk bersatu seperti sumpah pemuda dan ancaman dari luar. Integrasi nasional juga didukung bahasa persatuan, kepribadian hidup berbangsa yang sama, jiwa dan semangat gotong royong dan toleransi yang kuat, rasa senasib sepenanggungan. Ada juga faktor penghambat integrasi nasional yang harus kita perhatikan saat ini dan perlu didiskusikan” terang Askiman.

Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot Ketua Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan founding fathers bangsa kita sudah menyepakati empat dasar bangsa Indonesia yang harus kita pahami satu persatu. “sejarah bangsa kita membuktikan ada kesepakatan para pendiri bangsa soal keberagaman. Kita berterima kasih kepada tokoh tokoh muslim saat itu yang menyepakati keberagaman dalam dasar-dasar bangsa kita saat itu” terang Adrianus Asia Sidot.

“dengan keimanan yang kuat, kita harus terus berupaya menjaga keberagaman ini. Karena kita manusia ini diberikan mandat untuk mengelola alam dan kekayaan. Kita menjadi pengelola bukan penguasa alam” tambah Adrianus Asia Sidot.

Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariyadi, SIK, MH menyampaikan bahwa yang seringkali membuat keberagaman terganggu saat ini adalah media sosial dan teknologi informasi. “berita hoax sudah terbukti mengancam keberagaman dan persatuan kita. Inilah yang harus kita perhatikan saat ini. Papua memanas karena isu hoax yang macam-macam. Selain itu, yang mengganggu kondisi kita saat ini adalah urusan perut. PETI, bakar lahan, dan kejahatan lain itu karena urusan perut. Mari masyarakat Kabupaten Sintang untuk kompak, merawat dan menjaga keberagaman ini. Masalah apapun yang muncul di Sintang, mari kita atasi bersama-sama. Jangan bahas di media sosial. Kalau ada masalah asap dan kebakaran lahan, mari kita selesaikan bersama-sama. Dengan tidak membakar lahan, itu sudah merawat NKRI. Dengan tidak meributkan hal-hal yang kecil, itu sudah merawat NKRI” terang Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariyadi, SIK, MH.

Sementara Ustad Edi Toni, S.Ag menyampaikan bahwa kebhinekaan merupakan sebuah keniscayaan. “perbedaan itu ada supaya kita saling kenal. Perbedaan harusnya bisa menjadi kekuatan. Idealnya dalam menjaga keberagaman dan kebersamaan maka tidak ada dominasi mayoritas dan tidak ada tirani minoritas. Maka jadilah bangsa kita menjadi kuat” terang Ustad Edi Toni, S.Ag.

Yohanes Rumpak Tokoh Muda Sintang menyampaikan bahwa masih adanya diskriminasi dan intoleransi ditengah masyarakat yang dilakukan oknum masyarakat, negara dan tokoh agama. “misalnya ada diskriminasi terhadap pembangunan jaringan listrik dan banyak contoh lainnya. Soal asap, kita harus keroyokan dalam mencari solusi bagi petani tidak menetap. Misalkan pemberdayaan petani di pedalaman untuk beralih ke komoditi lain” terang Yohanes Rumpak

Usai penyampaian materi oleh narasumber, terjadi diskusi-diskusi antara peserta dengan narasumber  yang berlangsung hangat dan lancar. Ada banyak peserta seminar yang menanggapi materi narasumber dan ditanggapi oleh para narasumber.

Comments are closed.