Bupati Sintang Resmikan Gedung Public Safety Center 119 Dinas Kesehatan

Presiden RI Buka Rakornas Pengawasan Intern Tahun 2022, Bupati Sintang Hadir Secara Virtual
16/06/2022
Ini Kata Bupati Sintang Saat Hadiri Penyerahan Bantuan Dari Konjen Malaysia
16/06/2022

Bupati Sintang Resmikan Gedung Public Safety Center 119 Dinas Kesehatan

Bupati Sintang Resmikan Gedung Public Safety Center 119 Dinas Kesehatan

Sintang-www.beritasintang.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melaunching/meresmikan Gedung Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan Kab. Sintang, di Jl. Y.C Oevang Oeray, Kelurahan Akcaya 1, Kec. Sintang, Rabu, 15 Juni 2022, yang di tandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng oleh Bupati, serta pengguntingan pita oleh Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian yang juga turut hadir.

PSC ini berfungsi memberikan pelayanan korban atau pasien gawat darurat pra pasyankes melalui proses triage, sebagai pemandu dalam memberikan pertolongan pertama, sebagai tim pengevakuasi korban atau pasien gawat darurat dan sebagai wadah untuk koordinasi dengan fasilitas kesehatan lainnya. Sehingga dengan adanya PSC 119 ini diharapkan masyarakat yang memerlukan penanganan kegawatdaruratan pra hospital dapat mendapatkan pelayanan secara tepat dan tepat.

Bupati Sintang mengatakan PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang telah dibentuk sejak tahun 2020 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat.

Bupati berharap dengan adanya fasilitas yang diresmikan pengoperasiannya hari ini maka kasus-kasus gawat darurat pra-rumah kakit dapat terlayani dengan baik, sehingga angka kematian dan kecacatan serta kasakitan dapat menurun. Bupati Sintang terlihat merasa puas dengan fasilitas yang telah disediakan. Ia juga melihat semua kamar yang ada di gedung tersebut.

“Gedung ini luar biasa, fasilitasnya lengkap dan bersih, dengan tersedianya tempat ini yang diperuntukkan kepada pasien covid-19. PSC Sintang siap melayani masyarakat yang melakukan isolasi dan Dinas Kesehatan juga sudah siap dan amat siap untuk segala kemungkinan yang terjadi,” ujar Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Harisinto Linoh mengatakan, kegiatan hari ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan upaya pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya gedung PSC 119 ini, apabila di masyarakat terjadi kegawat daruratan seperti kecelakaan maupun masyarakat yang sakit parah berada di rumah ingin merujuk ke Rumah Sakit dan keadaan lainnya dapat menghubungi Call Center yang telah disediakan agar pihak kami dapat segera melakukan tindakan dengan cepat dan akurat,” terang Harisinto Linoh

Hadir pada peresmian PSC 119 ini, yakni unsur Forkopimda Kab. Sintang, Kadiskes Kab. Sintang dan jajaran, Kasat Pol PP Kab. Sintang, sejumlah unsur OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, dan tamu undangan lainnya.

Comments are closed.