DPRD Sintang Gelar Paripurna ke-8  Penyampain Pandangan Umum Fraksi

Tetapkan Status Siaga Bencana Batingsor, Florentinus Anum Minta Koordinasi Yang Kuat Antar Lembaga
11/11/2020
Saat Apel Siaga, Pjs Bupati Sintang Minta Semua Organisasi Siap-Siap Hadapi Bencana Alam
12/11/2020

SINTANG – DPRD Sintang menggelar Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan III tahun 2020 pada Rabu (11/11/2020) di ruang sidang utama DPRD.

Paripurna tersebut dalam rangka penyampain pandangan umum Delapan Fraksi DPRD Sintang terhadap Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021,

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny didampingi Wakil Ketua I DPRD Sintang, Jeffray Edward. Turut hadir Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang, Florentinus Anum, Sekretaris Daerah Yosepha Hasnah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta perwakilan instansi vertikal.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny dalam pidato pengantarnya mengatakan, dengan telah disampaikannya nota keuangan dan Raperda APBD Sintang tahun 2021, maka sesuai norma hukumnya bahwa pembahasan Reperda dimaksud dilakukan oleh Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Sebelum dibahas, fraksi-fraksi di DPRD Sintang akan menyampaikan pandangan umum terhadap materi  Nota Keuangan dan RAPBD 2021 tersebut,” kata Ronny.

Ronny mengimbau agar pandangan umum fraksi disampaikan dalam konteks muatan materi nota keuangan dan Raperda APBD tahun 2021. Sehingga, muatan program dan kegiatan dalam kerangka rencana kerja perangkat daerah sesuai tema yang telah ditetapkan. Yakni peningkatan infrastruktur dasar, ekonomi kreatif, reformasi birokrasi menuju Sintang berkelanjutan, dapat dijabarkan, dipertajam dan diperjelas nantinya oleh Badan Anggaran sesuai skala prioritas pembangunan daerah Kabupaten Sintang tahun anggaran 2021.

“agar penyampaian pandangan umum lebih substansial dan sebagai mana termuat dalam Nota Keuangan dan Raperda APBD 2021 tersebut ,” tandasnya.

Penyampaian pandangan umum fraksi DPRD diawali dengan fraksi Nasdem disampaikan oleh Rosinta, dilanjutkan Fraksi PDIP oleh Welbertus, Fraksi Hanura oleh Nikodemus . Kemudian Fraksi Gerinda oleh Julian Sahri, Golkar oleh Melkianus, PKB oleh Alpius , Demokrat oleh Maria Magdalena dan Fraksi Amanat Persatuan oleh Senen Maryono.

Pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Sintang umumnya mendukung  dan menyampaikan apresiasi terhadap usulan materi dan dapat dibahas pada rapt-rapat selanjutnya, meski begitu juga menyisakan banyak catatan, saran dan pertanyaan yang harus dijawab oleh pemerintah. Sebagian besar fraksi menyoroti masalah infrastruktur.

Fraksi Nasdem melalui juru bicaranya Rosinta mengatakan bahwa pendapatan daerah yang meliputi pajak daerah, retrebusi daerah, pendapatan transfer dari Pemprov dan Pempus, sehingga patutlah mendapat apresiasi atas kinerja pengelolaanya oleh pemerintah daerah. “Kami dari Fraksi Nasdem juga ingin mengetahui berapa jumlah realisasi dana transfer pada tahun 2021,” ucap Rosinta. (red)

Comments are closed.