Anastasia Ajak Generasi Muda Lestarikan Permainan Tradisional

Pendidikan Islam Bentuk Karakter Bangsa
11/10/2019
Musim Pancaroba, Warga Diimbau Waspada DBD
11/10/2019

Anastasia

SINTANG – Ditengah perkembangan teknologi saat ini, Anggota Dewan Perwkailan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia mengajak seluruh anak di Kabupaten Sintang untuk kembali melestarikan permainan tradisional terutama permainan asli daerah.

Menurut Anastasia, permainan anak tradisional saat ini perlu dikenalkan kepada anak-anak mengingat permainan tradisional seakan mulai ditinggalkan dan kurang dilestarikan disebabkan salah satunya oleh perkembangan teknologi yaitu munculnya HP android atau gadget yang telah mengubah gaya permainan anak-anak saat ini.

“Ditengah perkembangan teknologi saat ini saya juga mengajak anak-anak agar bisa mengenal dan melestarikan permainan tradisional yang merupakan permainan asli daerah kita, jadi jangan bisanya cuma main hp atau gadget saja,” ujar Anastasia baru-baru ini.

Anastasia juga mengatakan bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh anak jika memainkan permainan tradisional, selain melatih kekompakan juga dapat melatih fisik anak mengingat kebanyakan permaian tradisional yang dimainkan memerlukan gerakan seluruh anggota tubuh yang sangat baik untuk perkembangan fisik anak.

“Kita mengenal permainan lompat tali, kasti, gasing dan sebagainya, ini semua dapat melatih kekompakan dan fisik anak sehingga saya rasa perlu dikenalkan kepada anak- anak jaman sekarang yang sebagian dari mereka tidak mengetahui permainan tradisional,” papar Anastasia.

Lebih lanjut, Anastasia mengatakan peran guru disekolah dan orangtua dirumah sangat diperlukan dalam mengenalkan permainan tradisional. Mengingat saat ini telah ada program belajar sehari diluar kelas bagi para siswa yang dapat diisi dengan memainkan permainan tradisional disekolah tentunya dengan bimbingan dan pengawasan guru.

“Program belajar sehari diluar kelas yang diterapkan sekolah bisa diisi dengan mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak, dengan begitu anak-anak selain bisa belajar dan melatih fisik juga akan dapat mengenal kondisi alam sekitarnya, ini juga merupakan salah satu jenis pembelajaran kepada anak. Untuk itu peran pendampingan guru sangat diperlukan serta dukungan orang tua yang memberikan batasan bermain gadget,” pungkasnya.

Comments are closed.