Wapres Minta TNP2K Selalu Update Data untuk Bantu Pengentasan Kemiskinan

Saling Bunuh, Undang-Undang KPK, Polri dan Kejaksaan Direvisi
10/02/2015
Jokowi Panggil Kompolnas, Minta Nama Baru Calon Kapolri
10/02/2015

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta TNP2K terus melakukan update data setiap tahun dari berbagai sumber untuk dapat dijadikan acuan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesejahtraan masyarakat. Fokus pemerintah pada sektor pendidikan dan kesehatan.

“Inikan tim untuk semua tindakan itu baru bisa jalan kalau kita punya program dan data yang bagus. Di sini digodok pertama data itu yang dinamis, bukan hanya tiap tahun diupdate, tiap tahun diupdate,” ujar JK di kantor TNP2K, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/2/2015).

TNP2K akan melakukan penggodokan data-data yang dikumpulkan dari BKKBN, Kemendagri, BPN dan lainnya. Nantinya data-data itu akan kembali distsribusikan kepada lembaga-lembaga yang fokus pada penanganan masalah tertentu semisal pendidikan, kesehatan, dan kemiskinan.

“Jadi target fokus. Di sini data ada. Jadi dengan satu data bisa dipakai untuk bermacam-macam program,” terangnya.

JK mencotohkan, jika seseorang memiliki anak yang masih sekolah dan di saat bersamaan orang tersebut memerlukan pekerjaan sebagai nelayan, maka, data-data di TNP2K akan menggambarkan kebutuhan keluarga tersebut. “Karena ada program tentang pendidikan atau Kartu Indonesia Pintar. Jadi dilihat anak berapa di keluarga itu, kan mudah saja dicari. Di lain pihak pembinaan nelayan, profesinya yang dicari,” ucapnya.

Lebih lanjut, JK menjelaskan bahwa pengentasan kemiskinan terbagi dua, yaitu langsung dan tidak langsung. Yang langsung adalah pembinaan masyarakat miskin lewat bantuan tunai, pemulihan ekonomi, KUR, memberikan kredit UKM, perbaikan jalan desa, dan produktifitas pertanian.

“Itu basisnya wilayah. Jadi ada berbasis wilayah, target dan propinsi. Nanti kalau kita berbasis wilayah saja, seperti contohnya dengan data ini belum tentu Indonesia Timur lebih miskin dibanding Indonesia Barat. Ada daerah di Banten yang malah lebih miskin dibanding di Maluku. Ada daerah di Bengkulu lebih rendah pendapatannya dibanding di Kendari. Dengan data ini kelihatan target sistemnya,” terangnya.

SUMBER: http://news.detik.com/read/2015/02/10/142535/2828855/10/jk-minta-tnp2k-selalu-update-data-untuk-bantu-pengentasan-kemiskinan?n991102605

 

 

Keterangan Foto : Wapres Minta TNP2K Selalu Update Data untuk Bantu Pengentasan Kemiskinan

Doc. Nur Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.