Dewan Minta ASN Sintang Profesional

Siapkan Atlet Sepeda Ke Provinsi, Pemkab Sintang dan ISSI Gelar Kejuaraan Sepeda
07/10/2019
Cetak Bibit Atlet Sejak Dini
08/10/2019

Kusnadi

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang menjadi ASN yang profesional dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi terkini.

“Permasalahan atau tantangan kedepan adalah bagaimana di era digital yang begitu cepat ini bisa dimanfaatkan para ASN dalam memberikan pelayanan yang cepat dan optimal,” kata Kusnadi,kemarin.

Langkah ini, menurutnya, sangat tepat. Mengingat, hal itu sangat berpengaruh terhadap kinerja ASN sebagai bagian dari pelaksana pembangunan. Pengetahuan teknologi dan informasi memang sangat dibutuhkan terutama dalam mewujudkan visi dan misi memajukan pembangunan, baik pada tahun ini maupun masa yang akan datang.

“Masalahnya jika ASN kita gagap teknologi, bagaimana bisa bekerja dengan baik. Sedangkan segala fasilitas kerja kita masa kini hampir semuanya sudah dihubungkan dengan teknologi informasi dan internet,” paparnya.

Karena itu, bagi ASN yang merasa kurang menguasai teknologi hendaknya mengikuti pelatihan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta wawasan.

Untuk menjadi ASN profesional, tambah dia, harus dibarengi dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kompetensi ASN. Sebagai seorang ASN, sudah sepatutnya mampu menguasai IT sehingga tantangan era digital bisa ditangani dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Kuncinya adalah disiplin dan lakukan inovasi-inovasi di setiap lini pelayanan. Artinya, masyarakat akan merasakan dampak dari pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang,” sebutnya.

Selain itu, Kusnadi menyarakan Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan terbososan baru agar kemampuan ASN mengimbangi perkembangan IT. Salah satunya dengan menyediakan pendidikan dan pelatihan.

“Sumber daya manusia harus di imbangi dengan perkembangan yang ada, termasuk IT,” pungkasnya.

Comments are closed.