Pilkades Serentak Selesai Dengan Lancar, Sekda Sintang Minta Yang Kalah Harus Legowo

Sebanyak 291 Desa Pesta Demokrasi, Pilkades Serentak Kabupaten Sintang Berlangsung Lancar
07/07/2021
Antar LKPJ APBD Tahun 2020 Kepada DPRD Sintang, Ini Kata Wakil Bupati Sintang
08/07/2021

Pilkades Serentak Selesai Dengan Lancar, Sekda Sintang Minta Yang Kalah Harus Legowo

Pilkades Serentak Selesai Dengan Lancar, Sekda Sintang Minta Yang Kalah Harus Legowo

Sintang-www.beritasintang.com-Ketua Panitia Pilkades Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sintang yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menyampaikan sebanyak 291 desa sudah melakukan pemungutan suara dengan lancar.

“Dari pagi hingga siang ini. Pelaksanaan pilkades  bisa berjalan lancar dan aman. Saya berdoa dan berharap agar  aman dan lancar sampai  ketahapan penetapan pemenang pilkades. Yang kalah agar legowo menerima hasil proses yang sudah demokratis ini.yang menang jangan merayakan secara berlebihan. Malah yang menang harus mulai mencatat janji-janjinya kepada masyarakat,” terang Yosepha Hasnah,Rabu (7/7/2021)

Tercatat 188. 820 warga Kabupaten Sintang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menggunakan hak suaranya pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 pada Rabu, 7 Juli 2021.

Terdapat 1.1001 Tempat Pemungutan Suara di 291 desa secara serentak di tutup pada pukul 13. 00 WIB.

Wakil Bupati Sintang usai melakukan monitoring menilai proses pemungutan suara pemilihan kades sejauh ini berlancar lancar dan tertib sesuai protokol kesehatan. “Saya melihat berjalan dengan lancar, aman tertib. Pelaksanan pilkades bagus, semua saksi dan panitia juga hadir standby. Prokes memenuhi standar, ada tempat cuci tangan, pakai masker jaga jarak juga,” kata Wakil Bupati Sintang

“guna mensukseskan pilkades serentak ini, Pemkab Sintang melibatkan TNI dan Polri untuk pengamanan. Ratusan personel disebar ke setiap TPS. Tak hanya itu, Pemkab Sintang juga sudah mengeluarkan regulasi untuk menerapkan protokol kesehatan saat melakukan pemilihan kepala desa. Saya berharap pilkades berjalan lancar dan aman tertib. Sebagai warga negara harus menggunakan hak pilihnya,” harap Wakil Bupati Sintang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni menjelaskan kondisi terkini pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Sintang. “tadi jam 13. 00 sebanyak 1. 005 tempat pemungutan suara di 291 desa sudah ditutup proses pencoblosan. Setelah itu panitia pemilihan di TPS istirahat, baru melakukan penghitungan suara. Sampai jam 13. 30 WIB ini, kami tidak menerima laporan gangguan dan hambatan dari petugas di lapangan. Artinya semua berjalan lancar, aman, damai dan demokratis. Tetapi kita terus melakukan komunikasi dengan teman-teman di kecamatan. Kita monitor terus kondisi di lapangan” terang Herkulanus Roni.

“pilkades serentak yang kita laksanakan ini sangat besar. Karena 74 persen desa di Kabupaten Sintang melaksanakan pilkades secara serentak. Kita sudah mengeluarkan aturan, pedoman, dan tata cara untuk melaksanakan pilkades ini. Sehingga bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar. Tahun 2022 mendatang ada 74 desa lagi yang akan melaksanakan pilkades serentak ini” terang Herkulanus Roni.

 

Comments are closed.