Teken Prasasti, Bupati Sintang Deklarasikan Desa Emparu Sebagai Desa ODF

Bupati Sintang Kunjungi Kantor Perumda Tirta Senentang, Hadiri Pelantikan Kabag Keuangan
05/06/2022
SMK Kesehatan Kapuas Raya Gelar Pelepasan Pelajar, Yustinus Asisten II Sintang Hadir
07/06/2022

Teken Prasasti, Bupati Sintang Deklarasikan Desa Emparu Sebagai Desa ODF

Teken Prasasti, Bupati Sintang Deklarasikan Desa Emparu Sebagai Desa ODF

Sintang-www.beritasintang.com-Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, menghadiri kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Desa Emparu Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, pada Senin, 6 Juni 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sintang menyampaikan bagaimana cara mencegah penyakit infeksi usus yang masuk kedalam tubuh kita.

“jikalau kita buang air besar sembarangan, dihinggapi oleh lalat, setelah itu lalat datang dan hinggap dimakanan kita kuman dibawa kemana-mana tanpa kita sadari lalu dimakan oleh kita, usus yang akan sibuk mengola dan membunuh kuman” kata Bupati Sintang

“bahwa menjaga kesehatan lingkungn itu sangat penting “sanitasi total juga membawa hal yang sangat positif bagi kita, contohnya adalah dengan tidak membuang air besar sembarangan, cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, menyimpan makanan ditempat yang benar terutama air minum, membuang sampah pada tempatnya, serta membuang limbah kesaluran” tambah Bupati Sintang

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, mengungkapkan bahwa Desa Emparu ini merupakan Desa ke-76 yang ODF di Kabupaten Sintang.

“jumlah desa yang sudah Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Sintang totalnya ada 76 Desa, yang sudah mendeklarasikan ada 25 Desa, termasuk Desa Umin ini, jadi sisanya itu belum mendeklarasikan tetapi sudah ODF, kata dr. Sinto.

“untuk wilayah kerja Puskesmas Emparu, itu ada 3 Desa yang sudah ODF yakni Desa Menaong Baru, Desa Umin Jaya dan Emparu ini, sehingga total desa se-Kecamatan Dedai yang sudah ODF sebanyak 5 Desa termasuk desa Umin Jaya ini, tambah Kepala Dinas Kesehatan.

Kadiskes Sintang berpesan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat berlanjut hingga kedepannya untuk membantu menurunkan angka stunting di Kabupaten Sintang, mudah-mudahan desa ODF ini bisa terjaga, jangan setelah deklarasi kembali ke kebiasan semula, kita jaga bersama, karena dengan melakukan dan menjalankan pola hidup sehat maka itu adalah salah satu cara untuk kita menurunkan angka stunting di Kabupaten Sintang, pesan dr. Sinto.

Comments are closed.