Selain Jemput Bola, Sosialisasi Kependudukan Mesti Digencarkan

Jeffray: Cristian Center Harus Dilanjutkan
05/11/2019
Eksekutif Usulkan 7 Raperda, Dewan Bentuk 3 Pansus
06/11/2019

Lim Hie Soen

SINTANG –  Meski persentase kepemilikan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) cukup tinggi, namun masih ada saja masyarakat yang belum memilikinya. Agar persentase ini semakin meningkat, sosialisasi mempunyai peran yang sangat penting.

“Sebagai wakil rakyat, saya menilai sosialisasi mengenai pentingnya dokumen kependudukan harus sering dilakukan. Sehingga, masyarakat secara sadar dan segera melengkapinya,” kata Lim Hie Soen, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, belum lama ini.

Sosialisasi dilakukan tidak hanya melalui media massa maupun media elektronik. Tetapi juga bisa memanfaatkan potensi aparatur hingga ke desa-desa.

“Yang harus selalu disampaikan adalah bagaimana mengurus dokumen kependudukan yang benar, tepat dan cepat. Selain itu, yang paling penting adalah pemerintah harus selalu memberikan pelayanan prima,” katanya.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini kemudian menyampaikan apresiasinya pada layanan jemput bola oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang. Mengingat, layanan ini menjangkau langsung ke lokasi. Dan masyarakat diberikan kemudahan dengan hadirnya layanan ini ke tempat mereka.

“Program ini bagus. Cuma, program jemput bola tentu terbatas pelayanannya. Artinya, hanya beberapa hari saja atau waktunya yang tidak begitu lama. Agar pelayanan jemput bola ini efektif, koordinasi dengan pihak terkait harus singkron. Supaya, ketika layanan jemput bola hadir ke desa, masyarakat betul-betul sedang berada di tempat. Dan bisa segera mengakses layanan itu. Nah, semua itu kembali lagi ke sosialisasi,” pungkasnya.

Comments are closed.