Apolonaris Biong Pensiun, Ardatin Pimpin Sementara Inspektorat Kabupaten Sintang

Sekda Sintang Dukung Pelaku IKM Mendesain Produk Turunan Dari Tenun Ikat
05/08/2020
Hadiri Wisuda STTK Sungai Sawak, Ini Pesan Wakil Bupati Sintang
05/08/2020

Apolonaris Biong Pensiun, Ardatin Pimpin Sementara Inspektorat Kabupaten Sintang

Apolonaris Biong Pensiun, Ardatin Pimpin Sementara Inspektorat Kabupaten Sintang

Sintang-www.beritasintang.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si menghadiri acara pelepasan purna tugas ASN di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang di Aula Inspektorat Kabupaten Sintang, Rabu (05/08/2020) pagi. Total ada 6 orang PNS akan dilepas pada hari ini, terdiri dari 5 orang PNS yang pensiun tahun ini dan 1 orang PNS yang telah pensiun pada tahun lalu.

“Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, saya mengucapkan terima kasih yang sangat dalam atas kerjasama  dan kinerja yang sangat baik dan membanggakan” ungkap Yosepha mengawali sambutannya. Yosepha mengatakan ada 8 prestasi yang ditorehkan oleh Inspektorat pada masa jabatan Apolonaris Biong, S.Sos., M.Si sebagai Inspektur Kabupaten Sintang yaitu Ia  jugamengungkapkan bahwa Ia sebenarnya berat untuk melepaskan keenam PNS yang purna tugas, karena kinerja yang begitu bagus dan begitu solid kerjasama dengan Sekda.

Yosepha juga menyampaikan bahwa WTP merupakan salah satu hasil karya dan kerja nyata yang sudah diperlihatkan para auditor, baik dalam membimbing semua OPD maupun dalam mendukung proses penyelesaian audit BPK untuk  mendapatkan WTP yang kedelapan kali. “Ini merupakan prestasi yang luar biasa, saya sungguh terkesan” tambahnya.  Ia pun berharap dibawah koordinator Plt. Inspektur, agar para auditor tetap dapat melaksanakan tugasnya secara profesional  dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Yosepha juga memuji kinerja  Biong saat menjabat.ia pun berharap agar teladan yang sudah diberikan, baik dari sisi kinerja, dari sisi disiplin dan sisi lainnya dapat pelajari di lingkungan Inspektorat. “Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, kami juga mohon maaf jika ada hal-hal yang menyinggung baik sengaja maupun tidak sengaja. Untuk rekan-rekan di Inspektorat, saya mohon agar prestasi tetap dilanjutkan dan ditingkatkan, saya ingin prestasi kita kedepan semakin bagus” tutupnya.

Mengawali sambutannya pada kesempatan itu Biong mengungkapkan perasaannya dalam menghadapi purna tugas. Ia mengatakan bahwa ada perasaan sedih namun ada juga perasaan bahagia.  “Saya yakin  kita mempunyai perasaan yang sama dalam menghadapi purna tugas ini. Sedih dan bahagia, sedih karena harus berpisah dengan teman-teman dan rutinitas kerja selama perjalanan kurang lebih 30 tahun. Bahagia karena kita akan segera menyambut rutinitas baru yang selama ini mungkin kita tidak memiliki waktu luang untuk mengerjakannya” ungkapnya.

Biong juga mengatakan banyak prestasi yang telah dicapai pada masa jabatannya yaitu tercapainya penilaian mandiri Kapabilitas APIP Kabupaten Sintang pada level 3 (tiga); tercapainya penilaian Maturitas SPIP Kabupaten Sintang pada level 3 (tiga);tersedianya aplikasi pengaduan (lapor-sp4n); terlaksananya kerjasama dengan APH dalam proses penanganan pengaduan; progres penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI dari tahun 1998 s/d 2019, dengan capaian sebesar 81,54 %; Inspektorat Kabupaten Sintang berperan serta dalam mendorong pencapaian opini WTP.

 

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang, Sekda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, karena telah memberikan kesempatan untuk ikut membangun Kabupaten Sintang sesuai dengan tanggung jawab  masing-masing. “Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama kita semua, khususnya seluruh aparatur di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang, maka dari  itu tak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan juga kepada rekan-rekan di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang atas dukungan dan kerja samanya, kami sadar bahwa kami adalah manusia biasa yang tidak mungkin bisa bekerja sendiri. oleh karena itu  kami sangat bersyukur, karena selama perjalanan karier, kami didukung oleh orang-orang hebat yang ada di sekitar kami. sekali lagi terima kasih.” tambahnya.

“Selanjutnya saya atas nama rekan-rekan juga menyampaikan permohonan maaf, apabila selama kami menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara belum memberikan kontribusi yang maksimal, banyak melakukan kesalahan baik ucapan maupun tindakan, tapi yakinlah bahwa hal itu tidaklah kami sengaja. Dan kami berharap ke depan Inspektorat Kabupaten Sintang semakin maju, jaga kerjasama, jaga kekompakan karena tantangan tugas dan tanggung jawab semakin berat, yang memerlukan upaya bersama untuk menghadapinya” tutupnya.

Pada kesempatan itu, Plt. Inspektur Kabupaten Sintang,  Ibu  Dra. Ardatin  mengungkapkan bahwa kini ASN di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang tersisa 59 orang yang terdiri dari fungsional tertentu, P2 dan auditor sebanyak 43 orang dan untuk pejabat struktural sebanyak 8 orang. Ia juga mengatakan bahwa kini staf di Lingkungan Inspektorat sangat kurang, baik fungsional umum maupun fungsional tertentu.

Plt. Inspektur juga mengucapkan terima kasih kepada 6 orang PNS yang purna tugas atas kerjasama dan pengabdiannya selama ini. “Kami selalu berdoa agar Bapak, Ibu dan keluarga selalu sehat dan menikmati masa pensiun penuh sukacita bersama keluarga dan harapan kami agar tetap terjalin komunikasi, karena kami tetap perlu masukan, bimbingan serta saran dari teman-teman yang sudah purna tugas” tutupnya.

Pada akhir acara tersebut dilakukan penyerahan Memori Jabatan Inspektur Kabupaten Sintang beserta Penyerahan Kunci Mobil KB 18 E dan KB 9752 EB dari Bapak Apolonaris Biong, S.Sos., M.Si kepada Ibu Dra. Ardatin selaku Plt. Inspektur Kabupaten Sintang, penyerahan Memori Dharma Wanita oleh Ny. Yosepha Sepina Biong  kepada Perwakilan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Inspektorat Kabupaten Sintang Ny. Tri Susanti Budi Purwanto serta penyerahan cinderamata kepada PNS yang purna tugas.

Comments are closed.