Sekda Sintang Ikuti Ibadat Pemberkatan Betang Oleh Uskup Sintang

Bupati Sintang Buka PKPNU dan SILATDA di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang
26/02/2022
Resmi Difungsikan, Ini Kata Ketua DAD Sintang Soal Pemanfaatan Betang
01/03/2022

Sekda Sintang Ikuti Ibadat Pemberkatan Betang Oleh Uskup Sintang

Sekda Sintang Ikuti Ibadat Pemberkatan Betang Oleh Uskup Sintang

Sintang-www.beritasintang.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si mengikuti Ibadat Pemberkatan  Betang Kabupaten Sintang pada Selasa, 1 Maret 2022 di Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang.

Ibadat dipimpin oleh Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.  Cap didamping RD. Florianus Abong Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang.

Uskup Sintang yang didampingi oleh RD. Florianus Abong Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang. Hadir pada Ibadat Pemberkatan Rumah Betang tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang Jeffray Edward, SE, M. Si, Perwakilan Organisasi Masyarakat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Undangan Lainya.

Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.  Cap dalam kotbahnya menyampaikan bahwa Betang ini sangat kuat dan kokoh sebagai sebuah bangunan. “namu, Betang ini boleh kuat, namun keimanan kita sebagai orang Kristen tidak kuat. Maka tidak ada artinya. Apalag artinya Betang yang indah, kokoh dan kuat. Apalah artinya gereja yang indah. Kita akan mudah tergusur, karena dasar kehidupan yang tidak kokoh” terang Uskup Sintang

“maka mari kita saling mendukung dan saling menguatkan. Supaya kita tangguh dalam menghadapi segala sesuatu. Dan akhirnya boleh Berjaya bersama Tuhan dalam kehidupan abadi di surga” pesan Uskup Sintang.

Pada pemberkatan tersebut, Uskup Sintang yang didampingi oleh RD. Florianus Abong Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang berkeliling ke ruangan dan semua sudut di Rumah Betang untuk diperciki air sebagai simbol pemberkatan Rumah Betang.

Rumah Betang Kabupaten Sintang menurut penuturan Stephen Saroenandus, ST Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang memiliki luas lahan 2,7 hektar.

“bangunan Rumah Betang ini merupakan jenis bangunan konstruksi beton bertulang. Dua lantai dan luas bangunan 3. 024 meter persegi dengan17 bilik. Fasilitas pendukung yang ada saat ini adalah WC satu unit, listrik 16. 500 watt, dan air bersih berupa sumur bor satu unit” terang Stephen Saroenandus

“Rumah Betang ini dibangun dengan pendanaan APBD Kabupaten Sintang 4 tahap mulai 2015, 2017, 2018 dan 2019 dengan total dana 11,5 milyar. Kami juga sudah menyiapkan perencanaan penataan kawasan rumah Betang dengan jumlah dana yang dibutuhkan 7 milyar. Yang nantinya dipergunakan untuk menata halaman dan yang lainnya” terang Stephen Saroenandus

Comments are closed.